Tips Aman dari Sambaran Petir

Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang tips aman dari sambaran petir. Membahas tentang petir pastilah menjadi sesuatu yang sangat menakutkan. Belakangan ini menjelang musim hujan banyak kejadian mengerikan tentang sambaran petir yang menelan banyak korban seperti pada beberapa artikel ini :

(dikutip dari http://makassar.tribunnews.com/2018/04/04/tiga-cewek-desa-buakayu-tator-tewas-disambar-petir-begini-kronologisnya)

Atau artikel berikut juga

tips aman dari sambaran petir

(dikutip dari https://news.okezone.com/read/2018/02/26/340/1864627/lagi-panen-kacang-satu-keluarga-disambar-petir-di-karangasem)

Nah, post saya kali ini akan membahas tentang fenomen petir dari segi kelistrikan serta tips aman dari sambaran petir.

Mengenal Petir

Petir adalah sebuah fenomena kelistrikan. Petir terjadi akibat electrostatic discharge yang terjadi akibat penumpukan muatan pada awan. Nah, penumpukan muatan tersebut menyebabkan terjadinya beda potensial antara awan dan permukaan bumi. Awan bisa saja bermuatan positif dan bumi negatif atau sebaliknya. Pada saat beda potensial sudah cukup tinggi dan mencapai ambang batas tahanan tembus udara, maka akan terjadi discharge muatan listrik dalam bentuk petir.

Beberapa daerah di Indonesia memiliki intensitas petir yang cukup tinggi per tahunnya. Tingkat intensitas petir dapat diketahui dengan menggunakan isokeraunic maps.

Isokeraunic Maps Indonesia

Intensitas petir dinyatakan dalam jumlah petir (guruh) tiap tahunnya dalam tiap 1 km2. Dari peta isokeraunic di atas, beberapa daerah misalkan sebagian besar Kalimantan Barat dan Tengah serta daerah Bogor merupakan daerah dengan intenstitas petir yang sangat tinggi. Oleh karena itu bagi mereka yang tinggal di tempat tersebut, sebaiknya mengerti tips saat petir terjadi.

Tips Saat Terjadi Petir

Sebelum membahas detil tentang tips saat petir terjadi maka saya akan coba sedikit menjelaskan tentang teori rolling sphere. Teori ini menjadi sangat penting untuk memahami kondisi aman dan lokasi aman pada saat terjadi petir.

tips saat petir

Rolling Sphere

Efek dari sambaran petir dapat terasa hingga sejauh r meter dari pusat tempat terjadi petir. Nilai jari-jari r tersebut ditentukan oleh besarnya arus listrik yang dibawa oleh petir tersebut. Apabila divisualisasikan, daerah yang tidak aman dan rawan terkena sambaran petir adalah daerah yang terkena oleh bola-bola tersebut (rolling sphere). Mengapa pada gambar tersebut terdapat banyak bola-bola ? Karena pusat petir dapat terjadi dimana saja.

Pada saat terjadi petir maka ikutilah beberapa tips berikut :

  1.  Berada Di Dalam Rumah

Tempat yang paling aman pada saat terjadi petir adalah berada di dalam rumah. Berdasarkan teori rolling sphere, apabila terjadi sambaran petir maka bangunan tinggi lah yang pertama kali terkena sambarannya. Sehingga berada di dalam rumah adalah tempat yang aman.

2. Apabila Berada di Luar

Apabila berada di luar rumah, maka dengan tetap memahami teori rolling sphere tersebut, akan tetap menjamin keselamatan pada saat terjadi sambaran petir. Lakukanlah hal-hal berikut :

  • Mencari bangunan tinggi atau struktur tinggi dan tetap berada di dekat bangunan tersebut
  • Jangan berada di ruang terbuka tanpa ada penghalang. Misalnya berada di tengah sawah atau di tengah lapangan luas yang kosong
  • Berada di dalam mobil. Nah, konsep berada di dalam mobil ini sesuai dengan konsep Faraday Cage. Apa itu Faraday Cage ? Bagaimana cara kerjanya ? Lihatlah gambar berikut
tips saat petir

Faraday Cage

Mobil adalah sebuah perfect Faraday Cage. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua

Share