Setting Relay Proteksi Trafo

Setting relay proteksi menjadi postingan selanjutnya untuk meng-elaborate postingan saya sebelumnya  tentang proteksi trafo. Postingan ini akan menjelaskan tentang aplikasi proteksi trafo pada setting relay proteksi. Pada post kali ini, setting relay proteksi akan menggunakan relay jenis T60 multilin dari General Electric.  Untuk lebih memahami tentang setting relay proteksi, sebaiknya terlebih dahulu memahami T60 Multilin. Silahkan mengunjungi web resmi dari produk T60 Multilin

https://www.gegridsolutions.com/multilin/catalog/t60.htm

Sesuai dengan postingan saya sebelumnya tentang proteksi trafo, proteksi listrik yang digunakan adalah proteksi diferensial, proteksi overcurrent fasa serta proteksi overcurrent ground. Tahapan untuk mengaplikasikan setting relay proteksi pada trafo adalah sebagai berikut :

Konfigurasi Transformer dan Sistem

setting relay proteksi

Konfigurasi transformer antara lain : kapasitas, tegangan, dan connection. Connection atau konfigurasi belitan pada trafo dibutuhkan pada saat setting diferensial untuk mengkompensasi phase shift. Tabel di atas adalah untuk trafo 10 MVA dengan tegangan primer 11 kV dan tegangan sekunder 3.3 kV.

NOTE : settingan proteksi yang saya sampaikan pada postingan kali ini hanyalah sebagai contoh dan bukan untuk aplikasi

Setting Relay Proteksi Diferensial

Proteksi diferensial yang akan dibahas kali ini adalah percentage differential protection. Seperti yang telah dibahas sebelumnya karakter dari percentage differential protection adalah reliable at hight current but sensitive at low current. Sehingga sebuah settingan untuk proteksi diferensial dapat memiliki beberapa slope tergantung pada kondisi restraint.

setting relay proteksi

Setting Elemen Diferensial

Pada setting di atas, terdapat dua buah slope yang digunakan yaitu sebesar 25% pada kondisi steady state (break 2 pu) 100 % pada kondisi high current (break 8 pu). Kondisi steady state artinya trafo berada pada kondisi normal sedangkan high current artinya trafo berada pada kondisi starting dimana harus terdapat kompensasi pada komponen operating coil (OC) sehingga trafo tidak trip pada saat start. PU artinya per unit yang artinya FLA dari transformer pada sisi primary. Apabila settingan dari proteksi di atas dikonversi ke dalam bentuk kurva maka akan tampak sebagai berikut :

setting relay proteksi

Differential Curve

Selain proteksi percentage diferensial seperti yang telah dibahas di atas, terdapat juga instataneous differential protection pada proteksi trafo dengan kapasitas 10 MVA.  Instantaneous differential akan bekerja secara instant tanpa time delay pada saat terjadi gangguan diferensial

setting relay proteksi

Instantaneous Differential Protection

Setting Relay Proteksi Overcurrent Fasa

Setting relay proteksi terbagi atas time overcurrent protection dan instanetous overcurrent protection.

setting relay proteksi

Komponen Time Overcurrent Protection

Pada settingan di atas, signal source menandakan tapping current transformer di sisi 11 kV, pick up 1 pu menyatakan proteksi TOC akan bekerja pada kondisi arus mencapai FLA. Selanjutnya kurva yang digunakan adalah IEEE Mod Inverse dengan TD Multiplier 1.00 (TD Multiplier menunjukkan tingkat kecuraman pada kurva). Voltage restraint merupakan sebuah fitur dimana proteksi overcurrent akan bekerja apabila terdapat drop tegangan. Fitur ini semacam safety fitur untuk menghindari terjadinya nuisance trip.

Selanjutnya, event merupakan urutan kejadian yang time-stamp yang akan digenerate oleh relay pada saat terjadi gangguan. Event merupakan salah satu hal penting yang harus ada pada saat investigas gangguan listrik.

setting relay proteksi

Instantanous Overcurrent Protection Component

Sebagian besar komponen pada instantaneous overcurrent protection hampir sama dengan time overcurrent protection. Delay digunakan apabila element instantaneous overcurrent hendak di delay selama waktu tertentu. Umumnya, delay ini digunakan pada proses koordinasi relay proteksi.

Setting Relay Proteksi Overcurrent Ground

Seperti halnya proteksi overcurrent fasa, proteksi overcurrent ground terdiri dari time ground overcurrent dan instantaneous ground overcurrent.

setting relay proteksi

Instantaneous Ground Overcurrent

setting relay proteksi

Time Ground Overcurrent Protection

Mechanical Protection

Mechanical protection untuk trafo akan saya bahas pada postingan part 2 tentang proteksi trafo, tetapi akan saya bahas sedikit pada postingan kali ini. Mechanical protection adalah proteksi yang menggunakan input parameter mekanik pada trafo misalnya : pressure, temperature dan level. Peralatan proteksi yang terpasang di trafo untuk mechanical protection antara lain : sudden pressure relay, bucholz relay, level relay, dan temperature relay. Umumnya relay tersebut memiliki dua jenis kontak output, yaitu : kontak alarm dan kontak trip. Kontak tersebut dihubungkan ke dalam relay proteksi dan diatur konfigurasinya pada sisi digital output seperti pada gambar di bawah ini :

setting relay proteksi

Kontak Input Untuk Proteksi Mekanik

Demikian postingan saya kali ini semoga bermanfaat

Share

You may also like...